Ice Breaking
ANGIN RIBUT
Outdoor Games : Ice Breaking
Tujuan
Peserta didik mampu meningkat daya
konsentrasinya
Peserta didik mampu membangun kerjasama dan
saling pengertian
Peserta didik mampu meningkat kebugaran tubuhnyanya
Peserta didik mampu membangun kegembiraan
bersama
Lokasi
Lapangan terbuka yang luasnya mencukupi
Tidak ada benda-benda yang membahayakan dan
menutupi lokasi permainan.
Prosedur
:
Pengarah mengumpulkan peserta di tempat yang luas/lapang.
Peserta diminta untuk berdiri membuat
lingkaran besar mengelilingi Pengarah
Para peserta diminta untuk melihat kawan
yang berdiri persis didepannya untuk bertukar tempat ketika ada instruksi angin ribut.
Jelaskan kepada pada mereka akan diberi beberapa instruksi untuk diikuti
yaitu seperti : awan, hujan, angin
barat, angin timur dan puncak instruksinya adalah angin ribut.
Pada saat Pengarah
menyebutkan awan, maka semua peserta melihat ke atas dan pada saat
menyebut hujan maka semua peserta melihat ke bawah.
Pada saat Pengarah
menyebutkan angin barat, maka semua peserta mencondongkan badannya ke
arah kanan, dan pada saat menyebutkan angin timur maka semua peserta
mencondongkan badannya ke kiri.
Pada saat Pengarah menyebutkan angin ribut, maka peserta
harus berpindah tempat semua secara bersamaan dengan orang yang berada di
depannya (tidak boleh kesamping kanan/kiri).
Agar permainan ini menyenangkan dan menggembirakan maka Pengarah harus memberikan
instruksi dulu dengan awan, hujan, angin barat, & angin timur secara
berulang-ulang sebelum menyebutkan angin ribut sebagai puncak permainan.
Ketika Pengarah memberi instruksi angin ribut maka peserta
berpindah tempat dengan berlari dengan kawan yang ada didepannya.
Perhatikan benda-benda yang mungkin menjadi
penghalang pada saat terjadi angin ribut.
Observasi/Pengamatan
Pengarah mengamati kecenderungan-kecenderungan yang terjadi selama permainan
seperti kenapa ada yang salah menjalankan instruksi, kenapa ada yang selalu
benar, dst.
Pengarah mengamati ketika terjadi angin ribut, keribuatan atau
"kekacauan" bisa terjadi saat semua orang bergerak sendiri-sendiri
dengan target sendiri-sendiri, bisa juga terjadi kekacauan karena orang yang
sama dituju oleh dua orang berbeda, dst.
Kecenderungan-kecenderungan di atas bisa
menjadi bahan diskusi. Namun inti dari permainan ini dalah membangun
kegembiraan untuk mencairkan, menggairahkan dan menyemangatkan suasana agar
peserta didik siap untukk mengikuti acara .
KANDANG
SAPI BUBRAH
Nama Permainan
: Kandang Sapi
Bubrah
Waktu Permainan
: 5 menit atau
sesuai kebutuhan
Tujuan Permainan
:
•
Mencairkan suasana
•
Membaurkan seluruh peserta
•
Mempererat persatuan
Aturan Main :
Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan angota masing-masing kelompok
berjumlah 3 orang. 2 orang berperan sebagai kandang, dan 1 orang berperan
sebagai sapi. 2 orang yang sebagai kandang saling berhadapan dan saling memegang
kedua tangan antar keduanya dang diangkat keatas. 1 orang sebagai sapi
berjongkok diantara kedua orang (kandang) yang saling berhadapan tersebut.
Kemudian trainer akan bercerita, dalam ceritanya trainer akan menyebutkan tiga
kata yaitu “Kandang”, “Sapi”, dan “Bubrah”. Saat trainer menyebutkan kata
“Kandang” maka 2 orang yang sebagai kandang berpindah posisi/tempat mencari
sapi lain (1 orang yang jongkok). Saat trainer dalam ceritanya menyebutkan kata
“Sapi”, maka 1 orang yang jongkok harus berpindah posisi/tempat mencari kandang
yang lain. Dan apabila trainer dalam ceritanya menyebutkan kata “Bubrah” maka
antara kadang dan sapi bertukar posisi kandang boleh jadi sapi, atau kandang
mencari pasangan kandang yang lain, dan sapi boleh berubah menjadi kandang.
Catatan Tambahan :
Permainan ini dilakukan dengan jarak antar kelompok yang tidak terlalu
berdekatan agar trainer dapat mengetahui pergerakan peserta
Hikmah :
Kepekaan, Ketepatan Pergerakan, Tanggap, Kebersamaan, Kejujuran dan Daya Ingat
gagasanguru.blogspot.com
gagasanguru.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar